Selasa, 15 April 2014

Jalan-jalan ke Singapore - Persiapan & Hari 1

   Akhirnya tiba juga waktunya untuk berlibur ke Singapore, saya pergi bersama istri dan Mama serta Mama mertua pada 26-30 Maret 2014. Beberapa hal yang perlu disiapkan jika ingin pergi keluar negri Singapore.

Persiapan  
  • Beli Dollar Singapore, waktu itu dollar lagi tinggi-tingginya dari S $1 = Rp.9.300 s/d Rp.9.600
  • Booking penginapan/hostel, 3 bulan sebelumnya, cek juga jika cancel/tidak jadi, tidak dikenakan biaya pembatalan, paling telat pembatalan 4 hari sebelum tanggal menginap. Info penginapan juga didapat dari membaca blog orang yang pernah ke Singapore atau  Booking.com (bisa bayar nanti pas hari kita datang) atau Agoda.com , jika menggunakan kartu kredit lebih enak lagi, jadi bisa diubah menjadi cicilan, ha..ha.. Setelah pilih-pilih hostel dan melihat beberapa review tentang hostel, maka pilihan jatuh kepada Mercury Backpackers - Agoda.com , dari segi harga sangat masuk dengan keuangan saya dan menurut review Agoda.com tempatnya lumayan.
  • Searching melalui internet atau membaca blog orang yang pernah ke Singapore, dari situ bisa dapat informasi tentang objek wisata, kuliner, serta biayanya. Search juga melalui livingsocial.com promo tempat wisata di Singapore. Juga Streetdirectory.com merupakan acuan perjalanan menggunakan MRT atau Bus di Singapore, disitu juga tertera biaya perjalanannya.
  • Buat Itenary, sehingga tujuan jalan-jalan tercapai dan biaya dapat diperkirakan.
  • Cek Paspor minimal 6 bulan masih berlaku sampai tanggal kadaluarsa.
  • Punya EZlink, bisa pinjam dari teman, he..he.. atau beli di stasiun MRT di Singapore, atau bisa beli juga MRT Standard tiket yang berlaku hanya 30 hari
Ez-Link

 
MRT Standard Tiket
  • Jaga kesehatan dan berolahraga terutama latihan jalan kaki, karena di Singapore akan sering banyak jalan kaki, he..he.. 


Hari ke-1

   Naik damri dari terminal rawamangun ke Bandara Soekarno Hatta terminal 3 TigerAir Mandala. seperti biasa ada pemeriksaan, semua benda yang didalamnya ada cairan sampai sekitar 350 ml, oleh petugas disuruh buang, atau kalau air yang bisa diminum mendingan dihabiskan dulu. Penerbangan cukup menyenangkan, pramugarinya cantik dan ramah. 
   Sampai di Bandara Changi Terminal 2 sekitar pkl.09.00 malam waktu Singapore. Foto-foto sebentar dan mijit kaki dulu, lumayan.
Mama dan Mama Mertua @Pesawat TigerAir-Mandala
Foto sebentar dan mijit kaki
   Hari sudah malam jadi kami bergegas, (MRT tutup jam 11.30 malam), kemudian cari papan petunjuk arah ke MRT, ternyata ada dibawah/basement. Tujuan kita ke Stasiun MRT Lavender (jalur Hijau), transit di Tanah Merah, kemudian pindah ke arah JooKoon. Cek bit.ly/1bXnxuK 
   Setibanya di stasiun MRT Lavender sekitar pkl 10.00, stasiunnya bagus dan masih ramai, sepanjang lorong banyak kios makanan (Kopi Tiam, Wendys, Bee Cheng Hiang, Soya Bean, dll) ada juga kios oleh-oleh (gantungan kunci, tas, pernak-pernik singapore). Kemudian mata kami tertuju kios Ananas Cafe, yang menurut cerita di Blog orang-orang, merupakan kios yang menjual makanan murah.
ananas cafe

Exit ke Jl.Lavender
   Setelah membeli makanan kami berjalan menuju hostel kurang lebih 15menit karna sambil mencari-cari, ternyata mudah sekali bit.ly/1g2D60q, Mercury Hostel tepat di belakang Fragrance Hotel, tempatnya sangat bagus serta customer sevicenya sangat ramah.


Kamar Nyaman, AC Sejuk dan Toilet Bersih

   Sampai dihotel hanya menunjukkan print bukti dari Agoda.com untuk pembayaran hotel, dan ada biaya deposit untuk kunci lemari, Kami dapat kamar di lantai 3 jadi harus sedikit berlelah naik tangga, tapi tidak mematahkan semangat kami untuk jalan-jalan di Singapore.

Biaya-biaya :
  • Tiket Pesawat Pulang Pergi : Rp.750.000,-/org
  • Damri : Rp. 30.000,-/org
  • Airport Tax : Rp. 150.000,-/org
  • Biaya Deposit : S$ 30/lemari, customer servicenya baik, kita di pinjamkan 1 tambahan kunci lagi free
  • Isi EZ-Link Card : S$ 10/Card
  • Transport dari Changi Airport MRT ke Lavender MRT : S$1.51/org
  • Makan Nasi Lemak Ananas Cafe : S$ 2.20 - S$ 3.30/org 

7 komentar: